Taxonomy of Performance terdiri dari dua level: (1) memelihara sistem yang sedang berlaku (maintaining the system) dan (2) melakukan perubahan pada sistem yang berlaku (changing the system).

Pada level pemeliharaan sistem yang berlaku (maintaining the system) terdiri dari: mengetahui (understand), mengoperasikan (operate), dan memecahkan permasalahan (troubleshoot). Mengetahui (understand) maksudnya adalah menyatukan bahasa, suara, bentuk, simbul yang terdapat dalam metode dan proses yang berlaku, ataupun dalam peralatan dan sistem yang digunakan. Pengoperasian (operate) maksudnya adalah melaksanakan atau mengawasi fungsi dari metode, proses, peralatan, dan sistem. Pemecahan masalah (troubleshoot) maksudnya adalah melokalisasikan dan mengeleminasi sumber permasalahan yang terdapat dalam metode dan proses yang belaku, ataupun peralatan dan sistem yang digunakan saat ini.

Pada level pemeliharaan sistem yang berlaku (changing the system) terdiri dari: penempurnaan (improve) dan penemuan (invent). Penyempurnaan (improve) maksudnya adalah memajukan metode dan proses yang saat ini berlaku, ataupun peralatan dan system yang saat ini digunakan, menjadi sesuatu yang lebih baik dan lebih berkualitas. Penemuan (invent) maksudnya adalah menemukan metode dan proses baru, ataupun peralatan dan sistem baru.