Istilah Human Resource memberikan pemahaman bahwa manusia (people) sebagai makhluk sosial yang dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam mengelola diri sendiri dan lingkungannya. Human Resource merujuk pada pemahaman manusia merupakan bagian dari organisasi.

Sedangkan Human Capital memberikan pemahaman bahwa manusia (people) sebagai aset organisasi yang dapat dikembangkan sebagai portofolio organisasi. Human Capital didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan, keahlian, dan kapabilitas yang dimiliki pegawai untuk memberikan solusi (the knowledge, skill and capability of individual employees to provide solutions) (lihat Cascio dalam Anderson et al., 2005, Handbook of Industrial, Work and Organizational Psychology).

Dalam pemahaman HR, manusia dianggap sebagai biaya yang perlu dikelola dan ditekan sehingga biaya sekecil mungkin, sedangkan dalam konsep HC manusia dianggap sebagai modal yang nilainya bisa diukur dan dihitung. Implikasinya bagi proses manajemen organisasi adalah bahwa HR menjelaskan tentang apa yang dapat dilakukan atau diproduksi oleh pegawai (what they produce) sedangkan HC menjelaskan sejauh mana nilai seorang pegawai (value of people).

Human Capital merupakan salah satu elemen yang membentuk intellectual capital, yang merupakan aset tidak berwujud berupa pengetahuan yang tersedia dan dikelola dalam organisasi.

Intellectual capital terdiri dari human capital, social capital, dan organizational capital.

Human Capital merupakan sekumpulan pengetahuan, keahlian, kemampuan, dan kapasitas, untuk mengembangkan pegawai dalam organisasi.

Social Capital merupakan struktur, jaringan, dan prosedur yang menyediakan para pegawai dalam organisasi untuk memperoleh dan membangun intellectual capital yang ditampakan dalam aliran dan persediaan pengetahuan yang diperoleh dari adanya hubungan di dalam maupun di luar organisasi.

Sedangkan Organizational Capital merupakan kumpulan pengetahuan yang diinstitusionalkan oleh organisasi dan disimpan dalam bentuk database, buku manual dan lain-lain media penyimpanan dan dokumentasi yang memmudahkan untuk dibuka atau diunduh kembali.