Boundary roles

Boundary Role Position dalam organisasi merupakan posisi pekerja yang memiliki hubungan langsung dengan para pihak di luar organisasi, seperti para pelanggan, distributor, pemasok, maupun pihak lainnya di luar organisasi. Boundary Role Position menghubungkan kepentingan- kepentingan organisasi dengan kepentingan-kepentingan lingkungan luar organisasi (Himam, 2013).

Perilaku produktif yang terkait dengan Boundary Role Position adalah inovasi dan kreatifitas (Jex dan Britt, 2008). Inovasi dan kreatifitas merupakan proses membuat sesuatu yang baru yang inovatif dan kreatif baik dari sisi produk yang baru, metode yang baru, maupun pasar yang baru. Contohnya dalam pembuatan produk baru atau jasa baru, serta menemukan cara-cara baru dalam bekerja.

Prediktor perilaku produktif pada jenis posisi ini adalah perilaku membela kepentingan organisasi dengan memfokuskan diri pada keberhasilan organisasi. Jangan sampai terjadi sebaliknya, membela kepentingan organisasi lain dan untuk keberhasilan organisasi lain.