the dichotomy

Wright dan Boswell (2002) mengemukakan bahwa bidang MSDM selama ini telah berkembang menjadi dua sub bidang yaitu strategis dan fungsional. Dikotomi ini menimbulkan keuntungan di satu sisi namun ada kerugian di sisi lain.

Keuntungannya adalah dapat dilakukan pemilahan dengan jelas, mana penelitian level individu, level kelompok, dan level organisasi, serta mana praktik multiple dan mana praktik tunggal. Adapun Kerugiannya adalah menjadikan penelitian MSDM semakin terpisah antara apa yang ada di tataran teori dengan apa yang ada di tataran praktek.

Penelitian dengan level analisis organisasi dan praktik multiple, contohnya membahas hubungan antara praktek MSDM dengan kinerja organisasi, sedangkan penelitian dengan level analisis organisasi dan  praktik tunggal, contohnya membahas hubungan antara kebijakan kompensasi dengan kinerja organisasi. Penelitian dengan level analisis individu dan praktik multiple, contohnya membahas topik kontrak psikologis, sedangkan penelitian dengan level analisis individu dan praktik tunggal, contohnya membahas hubungan seleksi karyawan dengan kinerja karyawan.

Wright dan Boswell (2002) merekomendasikan future research agar berlandaskan pandangan yang lebih integratif sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dan menghasilkan dampak yang lebih besar pada pengembangan kedua sub-bidang MSDM tersebut.